Pelatihan Industri Kecil dan Menengah Se Kalimantan Selatan

Kepala Dinas PMPTSP Prov. Kalsel diwakili oleh Kasi Pengembangan dan Pemberdayaan Usaha pada Hari Senin 16 Maret 2020 menghadiri acara Pembukaan Pelatihan Industri Kecil dan Menengah Se Kalimantan Selatan di HBI Banjarmasin. Tema acara ini adalah meningkatkan daya saing Industri Menuju Kalsel Mapan. Pelatihan ini diselenggarakan selama 5 Hari untuk para IKM Kalsel yang bergerak di berbagai bidang Industri dan dibagi menjadi beberapa tempat di Banjarmasin dan Banjarbaru.

Menu Pelatihan yang akan dilaksanakan diantaranya : Pelatihan Pembuatan Animasi Produk IKM, fasilitator jaminan halal, kewirausahaan baru berbasis kerajinan, pencelupan dan pewarnaan alam kain sasirangan, pembuatan aneka produk kerajinan berbasis kayu, dan teknis pengembangan diservikasi modal dan desain anyaman bambu dan tirik. Pesertanya sebanyak 150 Unit Usaha se Kalsel.

Dalam sambutannya Gubernur Kalsel yang wakili oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan menyampaikan apresiasi luar biasa kepada para pengusaha IKM yang tetap semangat dalam belajar mengembangkan produk lokal, diharapkan kedepan produk tersebut dapat menembus persaingan eksport. Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian H. Mahyuni.MT menyampaikan bahwa kegiatan ini didasarkan pada UU no 3 tahun 2014 tentang Perindustrian dimana posisi sumber daya Industri Indonesia harus siap menghadapi revolusi industri 4.0 dan harus sesuai dengan aspek aspek perindustrian yaitu : peningkatan jumlah produksi, kearifan lokal, perkembangan teknologi, dan industri yang ramah lingkungan.
Acara ini mendukung Prioritas Gubernur Kalsel nomor 12 yaitu meningkatkan daya saing dan tumbuhnya anak usaha baru yang dapat memperkokoh perekonomian Kalimantan Selatan.

You May Also Like