Ternyata Limbah Plastik Membutuhkan Waktu Hingga Ratusan Tahun Untuk Terurai

Dibalik kegunaannya yang luas, sayangnya limbah plastik membutuhkan waktu lama untuk terurai. Diperlukan waktu puluhan hingga ratusan tahun, tergantung ketebalan dan bahan campurannya, untuk membuat sampah plastik benar-benar terurai. Akibatnya, limbah plastik pun menumpuk.

Saat terurai, hasil penguraian plastik itu ternyata juga akan mencemari tanah dan air tanah. Nah, biar kita nggak ikut menambah beban lingkungan dengan sampah plastik, ini yang bisa dilakukan :

Menggunakan tas kain atau tas yang bisa dipakai berulang kali saat berbelanja adalah langkah awal yang mudah untuk dilakukan. Selain itu, jika memungkinkan, beli produk isi ulang. Misalnya untuk sabun atau produk-produk perawatan tubuh dan make up. Tak hanya mengurangi sampah plastik, cara ini bisa menghemat pengeluaran kita.

Botol plastik bekas atau wadah plastik lainnya jangan langsung dibuang setelah isinya habis. Kita bisa menggunakannya lagi. Dengan sedikit kreativitas, botol bekas minuman bisa jadi tempat pensil, vas cantik, atau kita gunakan untuk wadah pernak-pernik kita agar tidak tercecer.

Untuk sampah plastik yang tidak bisa diapa-apain lagi alias harus dibuang, pastikan untuk memilahnya. Dengan menyendirikan sampah-sampah plastik, kita bisa membantu tukang sampah agar bisa membawa sampah itu ke tempat daur ulang. Atau jika di dekat tempat tinggalmu ada pengolahan sampah plastik, bawa sampah-sampah plastik ke tempat itu. Bisa jadi duit juga loh. Beberapa kota malah sudah memiliki bank sampah. Setiap sampah yang kita setorkan akan dicatat dan uangnya bisa diambil setelah terkumpul atau selama jangka waktu yang disepakati.

You May Also Like

Kirim Pesan
Perlu Bantuan?
Halo👋
Kami siap membantu Anda.