Rapat Koordinasi Kemitraan Dunia Usaha di Kabupaten HSS Tahun 2022

Kepala Dinas PMPTSP Prov Kalsel diwakili oleh Analis Kebijakan pada Bidang Perencanaan dan Pengembangan Iklim Penanaman Modal menghadiri Rapat Koordinasi Kemitraan Dunia Usaha di Kabupaten HSS Tahun 2022 dengan tema Kemitraan dalam Pengembangan Dunia Usaha Pada UMKM, Rabu 30 Maret 2022 bertempat di Aula Kecamatan Kandangan.
Acara  Rakoor di buka oleh Bapak Drs. H. Achmad Fikri, M.A.P., selaku Bupati Kab.HSS, dalam sambutannya Bapak Bupati  menghimbau perlu ditingkatkannya Manajemen UMKM salah satunya melalui kegiatan seperti Rapat Koordinasi ini, untuk saat ini UMKM di Kab.HSS sdh mulai maju namun tetap harus menjaga kondisi dan kualitasnya agar tetap bisa bersaing di pasaran. Pentingnya menjaga kualitas barang dengan memperhatikan kadaluarsanya produk tersebut, terutama Produk makanan agar ketika Produk tersebut dibawa keluar daerah masih tetap bagus dan layak untuk dijual. Untuk kegiatan berusaha dan berinvestasi Pemerintah daerah membuka selebar-lebarnya kemudahan Investasi dan tidak akan melarang Kegiatan Investasi, selama mengikuti persyaratan dan aturan dari Pemerintah Daerah. Kelemahan UMKM sekarang masih rendah dalam perilaku atau kebiasaan yang sulit untuk mengikuti aturan dari Perusahaan besar, sehingga perlu ditingkatkan lagi agar UMKM dapat selalu bermitra dengan Perusahaan besar dengan mengikuti Standar dan Prosedur dari Perusahaan besar tersebut.
Pemerintah Daerah akan selalu mengawal Kegiatan Kemitraan antara UMKM dengan Perusahaan besar, agar dapat selalu bermanfaat bagi keduanya dan tidak saling merugikan, dan berharap Pelaku usaha di Kab HSS dapat selalu berkembang. Pada Rakoor ini dihadiri oleh 38 orang peserta yang berasal dari sektor UKM/UMKM, Pariwisata, Perdagangan, dll. Tujuan diadakan Rakoor ini adalah untuk Memberikan Pemahaman dan Peningkatan Kapasitas serta Memfasilitasi bagi UKM/UMKM yang ada didaerah untuk dapat menjalin Kemitraan dengan Perusahaan besar baik yg ada di Kab.HSS ataupun diluar daerah.
Narasumber dalam acara ini adalah :
1. Dinas PMPTSP Prov Kalsel
2. Fakultas Hukum ULM
3. PT. Subur Agro Makmur
4. Owner Amandit Rafting Loksado
Narasumber dari DPMPTSP Prov Kalsel Menyampaikan materi dengan judul Sosialisasi Kemitraan Berusaha pada sektor UMKM dan Dukungan Pemerintah Prov Kalsel didalam materi tersebut menjelaskan bahwa melalui UU No. 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan Permen Investasi No. 1 tahun 2022 tentang tata cara Kemitraan di Bidang PM bahwa Pemerintah Provinsi Kalsel Mendukung dan Memfasilitasi terjalinnya Kerja sama Kemitraan antar Perusahaan besar dengan UKM/UMKM di Provinsi kalsel.

You May Also Like