Peringatan Isra Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW

Dinas PMPTSP Prov. Kalsel mengadakan peringatan Isra Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW pada hari Selasa 17 Maret 2020 bertempat di Musholla Dinas PMPTSP Prov. Kalsel. Kegiatan ini diawali dengan sambutan Kepala Dinas PMPTSP Prov. Kalsel, Nafarin. Dalam sambutannya, Nafarin berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT sekaligus introspeksi diri agar menjadi lebih baik khususnya dalam melayani masyarakat.

Acara dilanjutkan dengan ceramah oleh Guru Muhammad dari Pondok Pesantren Darussalam Martapura. Guru Muhammad menerangkan bahwa Isra Miraj menjadi satu dari mukjizat Nabi Muhammad SAW. Yang dimaksud dengan peristiwa Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad adalah diperjalankannya Nabi Muhammad oleh Allah di malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa. Sedangkan Mi’raj adalah dinaikkannya Nabi Muhammad dari Masjidil Aqsa menuju ke langit ketujuh dan dilanjutkan ke Sidratul Muntaha (suatu tempat ghaib yang tidak mungkin ditangkap oleh pancaindra).

Isra Mi’raj diperingati setiap tanggal 27 Rajab. Allah mengajarkan kepada manusia bahwa Dia Maha Kuasa dan Maha memiliki satu waktu bernama tahun yang terdiri dari 12 bulan. Di antara 12 bulan tersebut terdapat bulan-bulan istimewa menurut Allah. Bulan istimewa tersebut berjumlah empat dan nama-namanya telah dijelaskan di dalam sabda Nabi yang artinya “Setahun berputar sebagaimana keadaannya sejak Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu ada dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram (suci). Tiga bulannya berturut-turut yaitu Dzulqo’dah, Dzulhijjah dan Muharram. (Satu bulan lagi adalah) Rajab Mudhor yang terletak antara Jumadil (akhir) dan Sya’ban.” (HR. Bukhari no. 3197 dan Muslim no. 1679). Maka Guru Muhammad mengajak agar menambah ibadah pada bulan-bulan istimewa karena ibadah yang dilaksanakan pada bulan-bulan tersebut mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

You May Also Like

Kirim Pesan
Perlu Bantuan?
Halo👋
Kami siap membantu Anda.