Hasil Tim Evaluasi Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Semester I dan Semester II Tahun 2017

Penulis : Admin


Tanggal Posting : 02 Mei 2018 02:18 | Dibaca : 60


Dalam rangka evaluasi pelaksanaan tugas pelayanan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Kalsel sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2014 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Kalsel melaksanakan survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) kepada para pengguna jasa pelayanan perizinan dan nonperizinan, data dan informasi hasil penyebaran kuesioner kepada para pengguna jasa tersebut akan digunakan sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan yang bisa dijelaskan/diharapkan.

Berdasarkan hasil survei yang dilaksanakan sejak bulan Januari s.d November 2017 diperoleh sebanyak 300 responden jasa perizinan, dimana responden terdiri dari Pimpinan Perusahaan, Manager, Wiraswasta, PNS/TNI/Polri, dan Pelajar/Mahasiswa didapatkan hasil sebagai berikut :

Kuesioner yang terkumpul bedasarkan  pengukuran  keseluruhan  sebanyak 300 yang terdiri dari dua kegiatan untuk semester I  dilaksanakan bulan Januari  s.d. Juni sementara  untuk  semester  lI   dilaksanakan  bulan Juli  s.d.  November  2017  masing­ masing 150 koresponden, kuesioner yang telah terisi oleh responden/pengurun izin terhadap  kualitas  ruang  lingkup  pelayanan DPMPTSP  Provinsi  Kalsel  dapat  diketahui bahwa Nilai  Indeks  Kepuasan Masyarakat (IKM)  Tahun   2017   pada DPMPTSP Provinsi  Kalsel   3,1512 dengan nilai  konversi  sebesar  78, 78 %  nilai mutu  pelayanan "B"   (  pada  intervel  62,51  s/d  81,25)  dengan   predikat  kinerja  unit  pelayanan "BAIK".   Melalui  pelaksanaan  Indeks   Kepusan   Masyarakat  (IKM)  semester  1 (satu)  sebesar 3,1504 dan  lndeks  Kepuasan Masyarakat  (lKM) semester  2  (dua) 3,1519, (naik  0,0015) dengan  nilai konversi dari 78,76 menjadi 78,80 (naik  0,04). Adapun capaian  yang diharapkan pada  sasaran mutu  Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan  Terpadu  Satu  Pintu  Provinsi  Kalimantan  Selatan  yang  telah ditetapkan kategori   "BAIK"   Hasil  tersebut  berada  sesuai  dengan  sasaran  mutu  yang  telah ditetapkan,  hal  ini berdasarkan  klasifikasi penilaian  dari  Peraturan  Menteri Pendayagunaan  Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( Permen PAN RB ) yang terdiiri dari :       

                                                 

 

 

 

 

Secara  umum kualitas pelayanan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Prov. Kalsel dipersepsikan Baik oleh masyarakat pengguna jasanya. Hal ini  dapat dilihat dari lndeks Kepuasan Masyarakat  (IKM) yang diperoleh yaitu berkisar di antara 62,51 ­81, 25. Nilai IKM yang diperoleh diantara 62,51­ 81,25.

Data Nilai  IKM  yang diperoleh pada  9 unsur ruang  lingkup pelayanan adalah sebesar 78,78 . Unsur pelayanan  yang dianggap paling memuaskan oleh responden adalah  Perilaku  Pelaksana  (  3 ,31)  dan  yang  dianggap  kurang  memuaskan  adalah Ketepatan Waktu Pelayanan ( nilai  rata­rata 3,05) namun masih tetapi masih dalam kategori baik.

Dengan demikian maka kiranya upaya Dinas Penanaman Modal dan PTSP Prov. Kalimantan Selatan yang sangat  diharapkan tentunya oleh para pengguna jasa dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan perizinan dan nonperizinan Dinas Penanaman Modal dan PTSP setidaknya  adalah mempertahan ke 9 predikat unsur dari penilaian yang telah ada.

 

 

 

 

 

 


Link Terkait